Efektivitas Pembelajaran Biologi di Masa Pandemi

Venty Zuslia

Abstract


ABSTRAKTujuan penelitian adalah guna meningkatkan keefektifan pembelajaran biologi di masa pandemi. Titik kajian permasalahan dalam riset ini adalah manajemen pendidikan biologi dimasa pandemi, dengan jenis penelitian kuantitatif dan deskriptif meliputi data, analisis dan interpretasi melalui angket dengan subjek penelitian efektivitas pembelajaran biologi di masa pandemi terhadap siswa/siswi sebanyak 165 di sekolah SMA Negeri 1 Jekulo Kudus, SMA Negeri 2 Bae Kudus, SMA Negeri 1 Gebog Kudus, SMA Negeri 1 Bae Kudus, SMA Negeri 1 Kudus, SMA Negeri 1 Mejobo Kudus, MA NU Ibtidaul Falah Kudus, MA Nahdlatul Muslimin Undaan Kudus, MA NU BANAT Kudus, MA NU Hasyim Asy'ari 3 Kudus, MAN 1 Jepara, SMA Negeri 1 Nalumsari Jepara, SMA Negeri 1 Welahan Jepara, MA Matholi'ul Huda Troso Jepara, SMA Negeri 1 Pecangaan Jepara, MA Darun Najah Pati, MAN 1 Pati, SMA Negeri 3 Demak, MAN 1 Grobogan Purwodadi. Penelitian ini menghasilkan pemahaman bahwa manajemen pembelajaran kedudukannya urgen guna mengoptimalkan efektivitas pembelajaran, di masa pandemi COVID-19. Berbagai macam usaha dilakukan dalam meningkatkan kualitas Pendidikan. Banyak hambatan dijumpai ketika proses pembelajaran, baik itu berasal dari keluarga peserta didik, peserta didik, kurangnya representatif prasarana serta sarana, tetapi kementrian pendidikan dan kebudayaan menginstruksikan semua jenjang pendidikan metode daring peserta didik ataupun mahasiswa. Dari penelitian ini berdampak pada peran guru dalam mengelola pembelajaran agar bisa efektif.Kata kunci: COVID-19, Efektivitas Pembelajaran, Manajemen Pembelajaran. ABSTRACTThe purpose of the research is to improve the effectiveness of biological learning during the pandemic. The point of study of problems in this research is the management of biological education during the pandemic, with the type of quantitative and descriptive research including data, analysis and interpretation through questionnaires with research subjects on the effectiveness of biological learning during the pandemic against 165 students in schools SMA Negeri 1 Jekulo Kudus, SMA Negeri 2 Bae Kudus, SMA Negeri 1 Gebog Kudus, SMA Negeri 1 Bae Kudus, SMA Negeri 1 Kudus, SMA Negeri 1 Mejobo Kudus, MA NU Ibtidaul Falah Kudus, MA Nahdlatul Muslimin Undaan Kudus, MA NU BANAT Kudus, MA NU Hasyim Asy'ari 3 Kudus, MAN 1 Jepara, SMA Negeri 1 Nalumsari Jepara, SMA Negeri 1 Welahan Jepara, MA Matholi'ul Huda Troso Jepara, SMA Negeri 1 Pecangaan Jepara, MA Darun Najah Pati, MAN 1 Pati, SMA Negeri 3 Demak, MAN 1 Grobogan Purwodadi. This research resulted in the understanding that learning management is urgent in order to optimize the effectiveness of learning, during the COVID-19 pandemic. Various efforts are made in improving the quality of Education. Many obstacles are encountered during the learning process, whether it comes from families of students, students, lack of representative infrastructure and facilities, but the ministry of education and culture instructs all levels of online method education of students or students. From this study impact on the role of teachers in managing learning in order to be effective.Keywords: COVID-19, Learning Effectiveness, Learning Management.

Full Text:

PDF

References


Ahmad M. S. Mohammad D. (2020). Manajemen Pembelajaran Dalam Meningkatkan Efektivitas Proses Belajar Mengajar Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Manajemen. 3 (2) 285-312. Diunduh dari https://ejournal.iaisyarifuddin.ac.id/index.php/bidayatuna/article/view/638.

Ahsani, E. L. F., & Mulyani, S. E. (2020). The Implementation of Distance Learning Based E-Learning for Developing Student’s Life Skills. Didaktika: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 3(2), 115–120. https://doi.org/https://doi.org/10.21831/didaktika.v3i2.34805

Erwinsyah, A. (2017). Manajemen Kelas dalam Meningkatkan Efektifitas Proses Belajar Mengajar. TADBIR: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 5 (2), 87–105.Diunduh dari http://journal.iaingorontalo.ac.id/index.php/tjmpi/article/view/ 392.

Didin Hafidhuddin, Hendri Tanjung. (2006). Shariah Principles on Management in Practice. Jakarta: Gema Insani Press.

E. Mulyasa. (2004). Pedoman Manajemen Berbasis Madrasah, (Proyek Pemberdayaan Kelembagaan dan Ketatalaksanaan Pada Madrasah dan PAI pada Sekolah Umum Tingkat Dasar. Jakarta: Perpustakaan Umum.

Handayani, R., Widiarti, P. W., Sudarma, K., Sakdiyah, E. M., Rizta, A., Antari, L., Hidayat, A., Klausmeier, H. J., Psychology, E., Publishers, R., Beaudrie, S. M., Burns, R. A. R. B., Crisp, D. A., Burns, R. A. R. B., Ferla, J., Valcke, M., Cai, Y., Goldman, A. D., Penner, A. M., … Möller, J. (2016). Perpustakaan Universitas Indonesia >> Buku Teks. International Journal of Adolescence and Youth, 3 (1), 27–39.

Isnaeni, A., & Ahsani, E. L. F. 2020. Strategi Pembelajaran Daring Dengan Model Resitasi Berbasis Teknologi Bagi Siswa MI/SD. As-Sibyan, 3(2), 12-20.

Jojo W. (2018). Implikasi Gaya Berpikir dan Interaksi Sosial Siswa pada Pembelajaran Model Kooperatif Berbasis Media Informasi dan Komunikasi Terhadap Prestasi Belajar Siswa. Jurnal EDUBIOLOGICA, 6 (1) 14-19.

Laksamana A. H. (2020). Kompetensi Guru Pendidikan Agama Islam dalam Mengelola Kelas dan Mengatasi Kesulitan Belajar Peserta Didik di SMA Negeri Se-Kota Pekanbaru. Tesis, Pascasarjana Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

Marjuni, Hamzah H. (2019). Penggunaan Multimedia Online dalam Pembelajaran. Jurnal IDAARAH, 3 (2) 194-204.

Nur Amtillah. 2017. Mengukir Prasasti Guru Profesional. Yogyakarta: Program Study Manajemen Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Risnayanti. (2004). Implementasi Pendidikan Agama Islam Di Taman Kanak-Kanak Islam Ralia Jaya Villa Dago Pamulang. Jakarta: Perpustakaan Umum.

Rosmayanti, E. (2020). Upaya Penggunaan Model Pembelajaran Jarak Jauh Untuk Meningkatkan Aspek Spiritual Siswa SD 2 Medini. Al Hikmah: Journal of Education, 1(1), 85–92. http://ejournal.yphn.ac.id/index.php/Alhikmah/article/view/9

Salsabilla, S., & Zafi, A. A. (2020). Kecerdasan Interpersonal Peserta Didik Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 7(1), 35–42. http://ejournal.radenintan.ac.id/index.php/terampil/index

Saifulloh, A. M., & Darwis, M. (2020). Manajemen Pembelajaran dalam Meningkatkan Efektivitas Proses Belajar Mengajar di Masa Pandemi Covid-19. Bidayatuna: Jurnal Pendidikan Guru Mandrasah Ibtidaiyah, 3 (2), 285.

Sangadah, Khotimatus. (2020). No 主観的健康感を中心とした在宅高齢者における 健康関連指標に関する共分散構造分析Title. Orphanet Journal of Rare Diseases, 21 (1), 1–9.

Surat Edaran Menteri Pendidikan dan Kebudayaan. (2020). Nomor 4 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan dalam Masa Darurat Penyebaran Corona Virus Disease (COVID-19).

Umam, S. (2020). Pemilihan Strategi Sebagai Alternatif Solusi Permasalahan Pembelajaran Berbasis Daring. Al Hikmah: Journal of Education, 1(1), 1–10. http://ejournal.yphn.ac.id/index.php/Alhikmah/article/view/1

Warjo, J., Soetisna, U., & Muis, A. (2019). Implikasi Gaya Berpikir dan Interaksi Sosial Siswa pada Pembelajaran Model Kooperatif Berbasis Media Informasi dan Komunikasi Terhadap Prestasi Belajar Siswa. Edubiologica Jurnal Penelitian Ilmu Dan Pendidikan Biologi, 6 (1), 14.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.