Analisis Pengaruh Perbedaan Background Sekolah Terhadap Pemahaman Materi IPA Mahasiswa Tadris IPA

Wafirotul Chusna, Khotimatul Hidayati, Faiq Makhdum Noor

Abstract



Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh perbedaan background sekolah terhadap pemahaman materi ipa. Penelitian diujikan kepada mahasiswa Tadris IPA IAIN Kudus sebagai objek penelitian. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Teknik penelitian dengan memberikan instrumen berupa link google form yang disebarkan lewat whatsapp. Hasil tersebut akan dijadikan sumber data primer. Selain memberikan link google form, sumber data primer diperoleh dari hasil wawancara perwakilan mahasiswa yang mengisi link google form. Data sekunder diperoleh dari hasil literatur yang berkaitan dengan penelitian ini. Berdasarkan hasil analisis yang telah dilakukan maka dapat disimpulkan bahwa background sekolah sangat berpengaruh terhadap pemahaman materi ipa pada mahasiswa Tadris IPA kelas B semester 3 IAIN Kudus. Mahasiswa yang berasal dari latar belakang SMA-IPA dan MA-IPA memiliki pemahaman ke-ipaan yang lebih tinggi dibandingkan dengan mahasiswa yang berasal dari lainnya. Berdasarkan hasil penelitian di atas, juga diperoleh hasil bahwa pemahaman ke-ipaan tergantung kepada diri pribadi masing-masing. 

Kata kunci: Perbedaan background sekolah, pemahaman materi ipa.


Full Text:

PDF

References


Anatri Desstya, Umi Hapsari WR, Azizunnisa. (2018). CONTENT KNOWLEDGE KONSEP DASAR IPA

MAHASISWA CALON GURU SEKOLAH DASAR. Surakarta.

Betty Nurhayati, Sri Darmawati, (2017). Biologi Sel dan Molekuler. Kementrian Kesehatan Republik Indonesia.

Nugraheni, diah. (2017). Analisis Kesulitan Belajar Mahasiswa pada Mata Kuliah Mekanika. volume 5.

Wahyuni, S. (2017). Biokimia Enzim dan Karbohidrat. Unimal Press.

Yuliati, yuyu. (2017). Miskonsepsi Siswa Pada Pembelajaran Ipa Serta Remediasinya. Jurnal Bio Education, 53–58.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.