Efektivitas LKPD Berbasis Education For Sustainable Development Pada Materi Pencemaran Lingkungan Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Kemampuan Berpikir Kritis

Dwi Novita Sya’bani, Ulya Fawaida

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas LKPD berbasis education for sustainable development (ESD) terhadap peningkatan aktivitas dan kemampuan berpikir kritis peserta didik dalam pembelajaran IPA pada materi pencemaran lingkungan. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian Quasi Experimental Design. Hasil penelitian diantaranya yaitu (1) berdasarkan observasi yang dilakukan dinyatakan bahwa LKPD berbasis ESD pada materi pencemaran lingkungan efektif terhadap peningkatan aktivitas belajar peserta didik MTs NU Sabilul Muttaqin Kudus, hal ini dibuktikan dari perolehan rata-rata presentase aktivitas belajar peserta didik saat menggunakan LKPD berbasis ESD pada materi pencemaran lingkungan adalah 79% termasuk dalam kategori sangat aktif; (2) berdasarkan hasil uji independent sample t-test diperoleh Sig.t-test (2-tailed) 0,04 < 0,05 yang menunjukan terdapat perbedaan antara pembelajaran yang menggunakan LKPD berbasis ESD pada materi pencemaran lingkungan dengan LKPD sekolah terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik MTs NU Sabilul Muttaqin Kudus; (3) berdasarkan rata-rata N-Gain yang diperoleh kelas VII A sebesar 0,5 artinya pembelajaran menggunakan LKPD berbasis ESD bisa meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik dengan efektif.                                                                                       


Full Text:

PDF

References


Amalia, Hasri and TatySulastry. Pengaruh Penggunaan LKPD terhadap Kemampuan berpikir kritis dan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas XI IPA SMA Negeri 6 Maros (Studi Pokok Hidrolisis Garam). Diunduh dari http://eprints.unm.ac.id/10973/1/Artikel%20Amalia.pdf.

Eliks, I. (2015). Science Education and Education for Sustainable Development – Justifications, models, practices and perspectives. Eurasia Journal of Natural Science and Technology Education 1, (1) 197-183. Diunduh dari https://doi.org/10.12973/eaurasia.2015.1313a.

Kundi, Sri. (2013). Pengaruh Penggunaan Lembar Kegiatan Siswa Terstruktur Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 1 Pol-Ut Kabupaten Takalar. Jurnal Pendidikan Fisika 1, (3) 219-225. Diunduh dari https://www.neliti.com/id/publications/138743/pengaruh-penggunaan-lembar-kegiatan-siswa-terstruktur-terhadap-hasil-belajar-fis.

Lutfianis, Jenit Anggiani. (2020). Penerapan Model Problem Based Learning Menggunakan Konteks Education For Sustainable Development (Esd) dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Materi Kalor di SMP. Diunduh dari http://repository.upi.edu/46280/.

Mariani, Sri Buwono, and Endang Uliyanti. (2013). Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Melalui Metode Kerja Kelompok Berbantuan Lembar Kerja Siswa. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran 1, (2) 1-24. Diunduh dari https://media.neliti.com/media/publications/215764-meningkatkan-aktivitas-belajar-siswa-mel.pdf.

Masrukhin. (2009). Metodologi Penelitian Kuantitatif. Kudus: STAIN Kudus.

Mely Agustin, Nurul Astuty Yensy B, and Rusdi. (2017). Upaya Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Dengan Menerapkan Model Pembelajaran Problem Posing Tipe Pre Solution Posing Di SMP Negeri 15 Kota Bengkulu.” Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS) 1, (1) 66–72. Diunduh dari file:///C:/Users/ACER/Documents/semester 4 dan 5/jurnal tentang aktivitas belajar.pdf

Misnawi. (2014). Pemanfaatan Lembar Kerja Siswa (LKS) dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas III SD. Pedagogia 3, (1) 44-53. http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/pgsdsolo/article/download/82/54.

Mithen Lullulangi, Anas Arfandi, Merlien Jolanda Kalengkongan, Hamzah, Mohammad Salahuddin, Oktofin Pali, dan Aris. (2020). Pembelajaran Lingkungan Hidup Yang Kreatif Dan Inovatif, ed. Anas Afandi, satu. Makasar: Gunadarma Ilmu. Diunduh dari http://eprints.unm.ac.id/19038/1/BUKU LENGKAP FIX.pdf.

Neolaka, Amos. (2016). Metode Penelitian dan Statistik, Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Novidsa, Ivo Widi, Purwianingsih, dan R. Riandi. (2020). Exploring Knowledge of Prospective biology teacher about Education for Sustainable Development. JPBI (Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia) 6, (2). Diunduh dari https://doi.org/10.22219/jpbi.v6i2.12212

Purnamasari, Shinta and Aldila Nurrul Hanifah. (2021). Education for Sustainable Development (ESD) dalam Pembelajaran IPA. JKPI: Jurnal Kajian Pendidikan IPA 1, (2) 53-61. Diunduh dari https://journal.uniga.ac.id/index.php/jkpi/article/view/1281.

Rintayati, Peduk and Partomo Putra. (2012). Meningkatkan Aktivitas Belajar (Active Learning) Siswa Berkarakter Cerdas dengan Pendekatan Sains Teknologi (STM). Jurnal Didaktika Djiwa Indria. Diunduh dari http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/pgsdsolo/article/download/82/54.

Rositawati, Dwi Nugraheni. (2019). Kajian Berpikir Kritis Pada Metode Inkuiri. in Prosiding SNFA (Seminar Nasional Fisika dan Aplikasinya). vol. 3, 74. Diunduh dari https://doi.org/10.20961/prosidingsnfa.v3i0.28514.

Sudjana. (2005). Metode Statistik, Bandung: Tarsito.

Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Syakur, Abdul. (2017). Education For Sustainable Development (ESD) Sebagai Respon dari Isu Tantangan Global Melalui Pendidikan Berkarakter dan Berawawasan Lingkungan yang diterapkan pada Sekolah Dasar, Sekolah Menengah dan Kejuruan di Kota Malang. Eduscience 1, (1) 37-47. Diunduh dari file:///C:/Users/ACER/Downloads/91-Article Text-397-2-10-20180803.pdf.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.