PENGEMBANGAN APLIKASI GOTHIC (GO MATHEMATICS) BERBASIS M-LEARNING PADA MATERI HIMPUNAN SEBAGAI LITERASI MATEMATIKA BAGI SISWA KELAS VII

Muhammad Yusron Roza, Nanang Nabhar Fakhri Auliya

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan aplikasi GOTHIC (Go Mathematics) berbasis m-learning yang memenuhi kriteria kelayakan media agar dapat diimplementasikan sebagai media pembelajaran metematika pada materi himpunan dan juga sebagai literasi matematika siswa kelas VII. Jenis penelitian yang peneliti gunakan adalah metode Research and Development yang mengacu pada salah satau model atau pendekatan desain sistem pembelajaran yaitu model ADDIE yang telah dikembangkan oleh Raiser & Mollenda pada tahun 1990-an, yang terdiri dari 5 (lima) tahap meliputi Analysis (analisis), Design (desain/perancangan), Development (pengembangan), Implementation (implementasi/eksekusi), Evaluation (evaluasi/umpan balik). Subjek uji coba yang terlibat adalah dua orang ahli media, dua orang ahli materi, dan siswa kelas VII MTs Manahijul Huda Ngagel Dukuhseti Pati yang berjumlah 30 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahawa ahli media yaitu memperoleh jumlah skor 178 dengan skor rata-rata 89, yang termasuk pada kategori “Sangat Layak”. Hasil validasi ahli materi memperoleh jumlah skor 173 dengan skor rata-rata 86,5, yang termasuk pada kategori “Sangat Layak”. Sedangkan pada uji coba terbatas dan uji coba lapangan memperoleh jumlah skor keseluruhan sebesar 476 dengan rerata skor 95,2 dan 2273 dengan rerata skor 90.92, yang termasuk pada kategori “Sangat Layak”. Maka, hal tersebut dapat diambil keputusan bahwa aplikasi GOTHIC (Go Mathematics) berbasis m-learning pada materi himpunan sebagai literasi matematika bagi siswa kelas VII layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran di dalam kelas maupun di luar kelas.


Full Text:

PDF

References


Anggoro, B. S. (2015). Pengembangan Modul Matematika Dengan Strategi Problem Solvin Guntuk Mengukur Tingkat Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa. Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika, 6 (2) 124. Diunduh dari http://ejournal.radenintan.ac.id/index.php/al-jabar/article/view/25.

Charissudin, A. (Ed.). (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika dengan Animasi Menggunakan Aplikasi Swishmax. Square: Journal of Mathematics and Mathematics Education, 3 (1) 13. Diunduh dari https://journal.walisongo.ac.id/index.php/square/article/view/7522.

Feriandi, Y & Indrakusuma, A. H. (2019). Pengembangan Media Interaktif Dengan Aplikasi Macromedia Flash Pada Materi Pelajaran Komputer dan Jaringan Dasar Siswa Kelas X. DoubleClick: Journal of Computer and Information Technology, 3 (1) 7. Diunduh dari http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/doubleclick/article/view/4948.

Kurniawan, L. (2015). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Pada Materi Trigonometri Untuk Siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Bidang Keahlian Teknologi Informasi Dan Komunikasi Kelas X Dengan Pendekatan Penemuan Terbimbing. Tesis, Universitas Negeri Yogyakarta. Diunduh dari https://eprints.uny.ac.id/17110/.

Maharani, M. (Ed.). (2018). Media Pembelajaran Matematika Berbasis Kartun Untuk Menurunkan Kecemasan Siswa. Desimal: Jurnal Matematika, 1 (1) 102. Diunduh dari http://ejournal.radenintan.ac.id/index.php/desimal/article/view/2036.

Masyfuq, Y. (2017). Media Pembelajaran Pembuktian Pernyataan Perihal Himpunan dengan Diagram Venn Menggunakan Adobe Flash Profesional CS6. Jurnal Teknik Informatika, 3 2. Diunduh dari https://docplayer.info/55084179-Media-pembelajaran-pembuktian-pernyataan-perihal-himpunan-dengan-diagram-venn-menggunakan-adobe-flash-profesional-cs6.html.

Masykur, R. (Ed.). (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Dengan Macromedia Flash. Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika, 8 (2) 178. Diunduh dari http://ejournal.radenintan.ac.id/index.php/al-jabar/article/view/2014.

Sudaryono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Supriadi, N. (2015). Mengembangkan Kemampuan Koneksi Matematis Melalui Buku Ajar Elektronik Interaktif (BAEI) Yang Terintegrasi Nilai-Nilai Keislaman. Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika, 6 (1) 64. Diunduh dari http://ejournal.radenintan.ac.id/index.php/al-jabar/article/view/51.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.