Pengembangan Media Pembelajaran Multimedia Interaktif Berbasis Adobe Flash Pada Materi Sudut Terintegrasi Nilai Keislaman

Siti Nurul Mulkhil Layyin, Arghob Khofya Haqiqi

Abstract


Penelitian ini adalah penelitian pengembangan (R&D) yang bertujuan untuk (1) mengembangkan media pembelajaran multimedia interaktif berbasis adobe flash pada materi sudut kelas VII terintegrasi nilai keislaman, (2) mengetahui kelayakan terhadap media pembelajaran multimedia interaktif berbasis adobe flash pada materi sudut terintegrasi nilai keislaman. Subjek penelitian ini adalah ahli yang memvalidasi media dan materi sebanyak 6 orang,dan peserta didik kelas VII MTs NU Nurul Ulum Jekulo Kudus sebanyak 42 orang. Prosedur pengembangannya menggunakan model four-D (4D) yang terdiri dari 1) tahap Pendefinisian (define) mencakup analisis peserta didik, materi dan tujuan. 2)Tahap perancangan (design) mencakup pemilihan media dan bahan. 3)Tahap pengembangan (develop) dilakukan validasi para ahli dan revisi serta respon peserta didik sehingga didapatkan hasil yang layak untuk digunakan dalam pembelajaran. 4)Tahap penyebaran (dessiminate) dilakukan dengan mengirimkan media pembelajaran yang dihasilkan kepada guru dan siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran multimedia interaktif berbasis adobe flash pada materi sudut terintegrasi nilai keislaman dinyatakan layak untuk menunjang proses pembelajaran. Hasil tersebut didapatkan dari validasi para ahli media dan materi serta ujicoba peserta didik yang hasilnya berada dalam kategori sangat layak.

Full Text:

PDF

References


Nalinda, Hanin. Sulistiorini,Sri. (2018). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis PBL Pada Muatan Pelajaran Ipa Kelas IV. Joyful Learning Journal, 7 (1) 25-31. Diunduh dari http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jlj.

Paseleng, Mila C. Arfiyani Rizky. (2013). Pengimplementasian Media Pembelajaran

Berbasis Multimedia Interaktif Pada Mata Pelajaran Matematika Di Sekolah

Dasar. Gospodarka Materiałowa i Logistyka, 26(4) 185-197.

https://ejournal.uksw.edu/scholaria/article/view/22

Sugiarti,Iis S dkk. (2020). Pengembangan Media Puzzle Pada Materi Suhu Dan Kalor Ipa SD. Jurnal Pesona Dasar. 8(2) 73-81.

Anwas, M.Oos. (2013). Pemberdayaan Masyarakat di Era Global. Bandung: Alfabeta.

Prof.Dr.Sugiono. (2015). Metode Penelitian(Kuantitatif,Kualitatif dan R&D). Bandung: Penerbit Alfabeta.

Dr.Tania Wahyuningrum. (2021). Mengukue Usability perangkat Lunak. Yogyakarta: CV.Budi Utama.

Rusviati, Imelia. (2019). Pengembangan Media Cd Interaktif Subtema Bumi Bagian Dari Alam Semesta Untuk Kelas Iii Sekolah Dasar. Skripsi, Universitas Muhamadiyah Malang. Diunduh dari https://eprints.umm.ac.id/38080/

Syaifullah, Rifa’i. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Adobe Flash Pada Kompetensi Dasar Memperbaiki Sistem Air Conditioning (AC) Jurusan Teknik Kendaraan Ringan Di SMKN 3 Yogyakarta. Skripsi. Universitas Negeri Yogyakarta. Diunduh dari http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/54490.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.