DIGITALISASI SEKOLAH DALAM KAITAN PEMBELAJARAN BIOLOGI DI ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0

Nabila Inayah Rachmatika, Achmad Ali Fikri

Abstract


Digitalisasi sekolah menjadi fokus utama dalam merdeka belajar yang dicetuskan oleh menteri Nadiem Makarim. Digitalisasi sekolah ini didukung oleh teknologi revolusi 4.0 sehingga memudahkan dalam melaksanakan digitalisasi sekolah. Dengan adanya digitalisasi sekolah yang didukung oleh teknologi yang berkembang pesat ini dapat memberi dampak positif pada kegiatan pembelajaran khususnya pembelajaran biologi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh digitalisasi sekolah terhadap pembelajaran biologi. Pendekatan menggunakan penelitian kualitatif. Pendekatan penelitian kualitatif merupakan proses dalam menciptakan isu-isu terkait manusia atau sosial dengan mendeskripsikan secara bertautan, dilaporkan secara rinci yang ditemukan dari sumber-sumber informan. Metode penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode studi literatur. Penelitian metode studi literatur di proses dengan pengumpulan data penelitian yang diperoleh dari pustaka lalu dibaca-baca, dicatat, dan diolah bahan penelitian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa digitalisasi sekolah sangat berpengaruh pada pembelajaran biologi. Adanya ekosistem pendidikan yang ekosistem teknologi pendidikan salah satunya Merdeka Mengajar.  Adanya platform rumah Belajar yang menyediakan Lab Maya serta aplikasi penunjang augmented reality. Selain itu terdapat aplikasi penunjang yaitu bimbel online dan media interaktif digital.  Adanya pengaruh digitalisasi sekolah terhadap pembelajaran biologi ini harapannya mampu menghadapi persaingan era revolusi industri 4.0 khususnya di pendidikan biologi. Diharapkan digitalisasi sekolah khususnya pembelajaran biologi dapat diterapkan secara optimal.

Full Text:

PDF

References


AKRIM, A. (2022). Covid-19 Dan Kampus Merdeka Di Era New Normal (Ditinjau Dari Perspektif Ilmu Pengetahuan). Aksaqila Jabfung.

Dito, S. B., & Pujiastuti, H. (2021). Dampak Revolusi Industri 4.0 Pada Sektor Pendidikan: Kajian Literatur Mengenai Digital Learning Pada Pendidikan Dasar dan Menengah. Jurnal Sains Dan Edukasi Sains, 4(2), 59-65.

Jayawardana, H. B. A. (2017). Paradigma pembelajaran biologi di era digital. Jurnal Bioedukatika, 5(1), 12-17.

Jayawardana, H. B. A., & Gita, R. S. D. (2020, August). Inovasi pembelajaran biologi di era revolusi industri 4.0. In Prosiding Seminar Nasional Biologi (Vol. 6, No. 1, pp. 58-66).

Mariana, D. (2021). Pengaruh kepemimpinan kepala sekolah terhadap efektivitas Sekolah Penggerak dalam meningkatkan kualitas pendidikan. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 10228-10233.

Melfianora, M. (2019). Penulisan Karya Tulis Ilmiah Dengan Studi Literatur. Open Science Framework, 12(1), 14-26.

Muhali. 2018. Arah pengembangan pendidikan masa kini menurut perspektif revolusi industri 4.0. Seminar Nasional Lembaga Penelitian dan Pendidikan (LPP) Mandala. Membangun Pendidikan yang Mandiri dan Berkualitas pada Era Revolusi Industri 4.0. Mataram, 29 September 2018.

Nasir, M. 2018b. Perlu reorientasi kurikulum untuk meningkatkan inovasi perguruan tinggi di era revolusi industri 4.0. Diakses dari https://ristekdikti.go.id/kabar/menristekdikti-perlu-reorientasi-kurikulum-untuk-meningkatkan-inovasi-perguruan-tinggi-di-era-revolusi-industri-4-0/#IF9o8hag6fJkblDb.99 pada tanggal 3 April 2020.

Shofia, N. A., & Ahsani, E. L. F. (2021, October). PENGARUH PENGUASAAN IT GURU TERHADAP KUALITAS PEMBELAJARAN DIMASA PANDEMI. In Forum Paedagogik (Vol. 12, No. 2, pp. 201-215).

Walidin, W., Saifullah, & Tabrani. (2015). Metodologi penelitian kualitatif & Grounded theory. FTK Ar-Raniry Press.

Widyastuti, A. (2021). Optimalisasi Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ), Daring Luring, Bdr. Elex Media Komputindo.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.