Respon Masyarakat Banana Stems, Sebuah Gaya Hidup Baru

Venty Zuslia, Achmad Ali Fikri

Abstract


Respon masyarakat masih belum mengetahui manfaat banana stems untuk makanan sehari-hari. Batang pisang di Amerika dijual seharga Rp. 85.000,00 per buah. Sementara di Indonesia, banana stems dianggap sampah yang tidak berguna. Di sisi lain, Indonesia kaya akan tanaman ini. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui respon masyarakat tentang manfaat banana stems dan menciptakan gaya hidup baru dengan mengkonsumsi  banana stems untuk makanan sehari-hari. Pendekatan penelitian ini adalah kuantitatif, jenis penelitian survei dengan pengumpulan data melalui survei skala likert untuk menunjang keakuratan penelitian dengan subjek penelitian masyarakat Medini Undaan Kudus, dengan probability sampling sebanyak 30 warga. Analisis dalam penelitian ini adalah analisis dalam penelitian ini yaitu analisis model rash rating scale. Berdasarkan teori skala Likert Sugiono, analisis responden dan penilaian data dengan Kriteria Penilaian. Hasil dari penelitian ini adalah kriteria penilaian untuk kategori kognitif: responden yang boleh makan batang pisang atau tidak, mendapatkan indeks sebesar 11% (sangat tidak setuju). Kriteria penilaian kategori afektif: responden pernah atau belum mengkonsumsi banana stems mendapatkan hasil indeks 10,8% sangat tidak setuju untuk mengkonsumsi banana stems . Kriteria penilaian kategori konatif: responden banana stems menjadi gaya hidup baru untuk konsumsi sehari-hari, mendapatkan indeks sebesar 23,4% (masyarakat Medini Undaan Kudus tidak setuju). Diharapkan penelitian ini dapat berkontribusi untuk membuka pemahaman masyarakat tentang manfaat banana stems dan menciptakan gaya hidup baru untuk konsumsi sehari-hari.


Full Text:

PDF

References


Ambarita, M. D. Y., Bayu, E. S., & Setiado, H. (2016). Identifikasi Karakter Morfologis Pisang (Musa Spp.) Di Kabupaten Deli Serdang. Jurnal Agroekoteknologi Universitas Sumatera Utara, 4(1), 1911–1924.

Arifki, H. H., & Barliana, M. I. (2018). Karakteristik dan Manfaat Tumbuhan Pisang Di Indonesia. Jurnal Farmaka, 16(3), 196–203.

Devri, A. N., Santoso, H., & Muhfahroyin, M. (2020). Manfaat Batang Pisang Dan Ampas Tahu Sebagai Pakan Konsentrat Ternak Sapi. Biolova, 1(1), 30–35. https://doi.org/10.24127/biolova.v1i1.33

Elisabeth, D. A. A. (2013). Kerupuk Bonggol Pisang : Dari Limbah Yang Kaya Gizi Ke Meja Makan Kita. Sinar Tani, 3504, 1–4.

Ismanto, H. (2015). Pengolahan Tanpa Limbah Tanaman Pisang. Laboratorium Pengolahan Hasil Pertanian. Balai Besar Pelatihan Pertanian. Batangkaluku.

Jayanti. (2019). Persepsi Dan Sikap Masyarakat Terhadap Pemanfaatan Tumbuhan Obat Di Sekitar Kawasan Hutan Lindung Desa Bungin Kecamatan Bungin Kabupaten Enrekang. Skripsi. diakses dari https://digilibadmin.unismuh.ac.id/upload/9726-Full_Text.pdf.

Radiya, M. (2013). Karakterisasi Morfologi Tanaman Pisang (Musa paradisiaca L.) di Kabupaten Agam. Program Studi Agroteknologi. Program Studi Agroteknologi. Fakultas Pertanian Universitas Taman Siswa Padang.

Rismunandar. (1990). Bertanam Pisang. C.V. Sinar Baru. Bandung.

Rismunandar. (1990). Membudidayakan Tanaman Buah-buahan. C.V. Sinar Baru. Bandung

Rosariatuti, R., Sumani, & Herawati, A. (2018). Pemanfaatan Batang Pisang Untuk Aneka Produk. Journal of Community Empowering a Services, 2(1), 21–29.

Rusdiansyah, D. (2013). Potensi dan Peluang Investasi serta Permasalahan Komoditi Pisang di Kalimantan Timur. Badan Perijinan Penanaman Modal Daerah Provinsi Kalimantan Timur

Serdang, D. P. D. (2015). Produksi Tanaman Hortikultura Kabupaten Deli Serdang Tahun 2013. Lubuk Pakam. Deli Serdang.

Stover, R.H & N.W. Simmonads. (1993). Banana. Tropical Agriculture Series. Longman Scientific ang Technical. New York.

Suhud, A. A. (1991). Pelestarian Pemanfaatan Tumbuhan Obat dari Hutan Tropis Indonesia.

Wibowo, F. . S., & PrasetyaningrumErna. (2015). Pemanfaatan Ekstrak Batang Tanaman Pisang (Musa Paradisiacal) Sebagai Obat Antiacne Dalam Sediaan Gel Antiacne. Publikasi Fakultas Farmasi, 12(1), 38–46. diakses dari https://media.neliti.com/media/publications/100289-ID-pemanfaatan-ekstrak-batang-tanaman-pisan.pdf


Refbacks

  • There are currently no refbacks.