PELANGGARAN HARAPAN PADA KUALITAS KEHARMONISAN SUAMI ISTRI

Ika Tri Wahyuningsih, Primi Rohimi

Abstract


Teori pelanggaran harapan adalah salah satu faktor terjadinya pertikaian antara suami istri. Pelanggaran harapan ini menciptakan ganjaran komunikator yang negati. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan bagaimana pelanggaran harapan terjadi pada suami istri dan apa saja faktor serta cara mengatasinya. Metode dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan teknik pengumpulan data wawancara dan observasi. Kesimpulan yang didapatkan adalah teori pelanggaran harapan berkaitan dengan bagaimana kualitas keharmonisan suami istri berkurang. Karena dengan pelanggaran harapan yang terjawab dengan negatif maka akan memunculkan pertengkaran. Namun yang harus selalu dilakukan dan diterapkan oleh suami istri adalah saling mengingatkan, lebih sabar, dan selalu menerapkan cara-cara menjadikan keluarga harmonis.


Keywords


pelanggaran harapan, keharmonisan, suami istri

References


Arwan, A. (2018). Efektivitas Komunikasi Interpersonal Dalam Mewujudkan Keharmonisan Keluarga Di Masyarakat Nelayan Meskom Bengkalis. Jurnal Dakwah Risalah, 29(1), 32. https://doi.org/10.24014/jdr.v29i1.5887

Empati, J., Sulistyo, F. W., & Indrawati, E. S. (2016). Dengan Intensitas Komunikasi Interpersonal. 5(3), 482–485.

Jamiah, Y. (2010). Keluarga Harmonis dan Implikasinya Terhadap Pembentukan Kepribadian Anak Usia Dini. Neliti, 1(69), 5–24.

Kusumawati, T. I. (2016). Komunikasi Verbal Dan Nonverbal. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 6(2).

M.Syukri. (2016). Analisis Pelanggaran Harapan Nonverbal dalam Jarak Personal Karyawan Riau Pos Pekanbaru. JOM FISIP, 3(2), 1–15.

Novianti, R. D., Sondakh, M., & Rembang, M. (2017). Komunikasi Antarpribadi Dalam Menciptakan Harmonisasi (Suami Dan Istri) Keluarga Di Desa Sagea Kabupaten Halmahera Tengah. Acta Diurna, 6(2), 1–15.

Sholihah, H., & Saidiyah, S. (2020). Keharmonisan Keluarga Pasangan suami Istri Lanjut Usia. Repository Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga.

Venus, A. (2003). Nonverbal Expectancy Violation Theory: Esensi dan Perkembangannya. MediaTor, 4(2).

Zaenal Mukarom. (2020). Teori-teori komunikasi. Bandung: UIN Sunan Gunung Djati.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 International Conference of Da'wa and Islamic Communication