Konsep dan Praksis Pendidikan Toleransi dan Moderasi Beragama di kalangan Mahasiswa Perguruan Tinggi Umum

Yedi Purwanto, Deden Syarif H, Saepul Anwar, Moh Taufik, Sofaussamawati Sofaussamawati

Abstract


Tulisan ini merupakan hasil riset terkait pendidikan toleransi beragama di linggkungan perguruan tingi umum. Dimana kajiannya diawali oleh kegelisahan kami dalam menghadapi berbagai konflik yang terjadi di masyarakat kita akhir-akhir ini. Tujuan riset kami mencari akar persoalan yang menjadi penyebab konflik tersebut, kemudian kami carikan sosuli yang ditawarkan oleh para periset sebelum kami, juga konsep-konsep toleransi beragama yang dikemukakan oleh para peneliti terdahulu, sebagai middle teori, dan applied teori. Adapun Grand teori yang kami gunakan merupakan ayat-ayat al-Quran, dan hadits-hadits Nabi Saw. yang terkait dengan toleransi beragama. Hasil riset kami menemukan bahwa literasi beragama menjadi kunci utama dari persoalan toleransi beragama.Internalisasi moderasi beragama harus menjadi kurikulum resmi dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam(PAI) di Perguruan Tinggi Umum (PTU). Implikasi dari riset kami ditujukan kepada para pendidik PAI dan stakeholder PTU agar mau memfasilitasi pembelajaran PAI yang humanis, kontributif, dan inovatif agar tujuan Pendidikan- agama- benar-benar mencapai outcome yang diamanatkan Undang-Undang.

Full Text:

PDF

References


Dalmeri, Fazlur Rahman, Anik Sunariyah, dan Risris Hari Nugraha, (2021),Laporan Workshop “Pengembangan Model Internalisasi Nilai-Nilai Moderasi dalam Perkuliahan PAI pada PTU, Surabaya.

Hanafi,Y, Hadiyanto, Aam A.Salam, dkk, (2022),Internalisasi Nilai-Nilai Moderasi Beragama pada Pendidikan PAI di PTU, Sidoarjo, Delta Pijar Khatulistiwa.

Jalaluddin, dikutif dari Zakiah Darajat (2003), Teologi Pendidikan, RajaGrafindo Persada. Jakarta.

James S. Page, (2008) Peace Education: Exploring Ethical and Philosophical Foundations. USA: Information Age Publisher.

Meriam Webster, https://www.merriam-webster.com.

Munawir, A.W., 1997, Kamus Al-Munawir Arab Inonesia, Surabaya: Pustaka Progresip.

Page, James S. Peace Education: Exploring Ethical and Philosophical Foundations (USA: Information Age Publisher, 2008), 189.

Purwanto, Y, Qowaid, Lisa’duyah Ma’rifatai, Ridwan Fauzi, (2019), Internalisasi Nilai Moderasi Melalui PAI di PTU, Jakarta, Edukasi, Kemenag RI.

Purwanto,Y, (2022), Pendidikan Perdamaian : Integrasi Nilai-Nilai Karakter Agama dan Pancasila, Bandung, ITBPress.

Rahman, Elan Zaelani, Al-Qur’an & Kerukunan Hidup Umat Beragama. 2011.Elex Media Komputindo. Hal.99.

Suharto, Y, Saeful Anwar, Muhammad Taufuk, dan Nutimmah, (2021), Laporan Workshop “Pengembangan Model Internalisasi Nilai-Nilai Moderasi dalam Perkuliahan PAI pada PTU, Surabaya.

Tafsir,A. Pendidikan Budi Pekerti (2009), Maestro. Bandung.

www. indonesiatoleran.or.id. CNN Indonesia

Wildan, Y, Munawar.R, (2021), Building Moderate Islamic Thoughts in Indonesian Students Through Dialogue-Argumentative Methods. Academic Journal of Interdisciplenary Studies. www.richmann.org Vol 10 No 3.

Ab Rashid, Radzuwan, Syed Ali Fazalb, Zulazhan Ab. Halimc, Nasharudin Mat Isad,et.all.(2020), Conceptualizing the characteristics of moderate Muslims:

a systematic review, Tailor&Francis.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.