Moderasi Beragama dalam Kurikulum PAI Tingkat SMP

Mita Mawadda, Saepul Anwar, Putri Utami Asrianti, Silmi Septiani

Abstract


Pada hakikatnya Islam merupakan agama yang mampu membawa keselamatan, kesejahteraan serta ketentraman bagi seluruh umat, sebagaimana makna dari kata Islam itu sendiri. Namun anehnya, banyaknya umat Islam di Indonesia justru menjadi sorotan utama dalam konflik, kericuhan, kasus terorisme dan radikalisme. Tak jarang masyarakat luas memandang Islam sebagai agama yang keras, kasar, menyeramkan serta tidak mendamaikan. Sejak beberapa kejadian tragis dan anarkis yang telah terjadi, diyakini bahwa hingga saat ini banyak pemikiran dan sikap radikalisme yang masih beredar. Artikel ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi literature. Sumber data primer dari penelitian ini ialah buku ajar PAI dan Budi Pekerti tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP). Disamping sumber data primer, tentunya peneliti juga menggunakan sumber data sekunder yang berasal dari jurnal, buku, skripsi, tesis, disertasi, dan sumber literatur lainnya yang relevan dengan topik bahasan. Moderasi beragama kini menjadi tujuan pembelajaran pendidikan agama Islam di Indonesia agar nantinya mampu mencetak masyarakat yang moderat, sehingga mampu menjauhkan siswa dari sikap radikal dan sekuler. Muatan materi PAI dalam buku ajar PAI dan budi pekerti pun pada dasarnya sudah mencakup kebutuhan siswa dalam mendidik dan membentuk siswa yang religius dan moderat. 

Full Text:

PDF

References


Abror Mhd. (2020). Moderasi Beragama dalam Bingkai Toleransi (Kajian Islam dan Keberagaman). Rusydiah, 1(1), 137–148.

Ahsan, M., Sumiyati, & Mustabdi. (2017). Buku Guru PAI dan BP Kelas 7.

Akhmadi, A. (2019). Moderasi Beragama Dalam Keragaman Indonesia Religous Moderation in Indonesia’S Diversity. Jurnal Diklat Keagamaan, 13(2), 45–55.

Anwar, S. (2018). Internalization of Tolerance Values by Empowering the Environment as Learning Resource through Islamic Religious Education in Higher Education. IOP Conference Series: Earth and Environmental Science, 145(1). https://doi.org/10.1088/1755-1315/145/1/012119

Asrori, A. (2017). Radikalisme di Indonesia: Antara Historisitas dan Antropisitas. Kalam, 9(2), 253. https://doi.org/10.24042/klm.v9i2.331

Asyafah, A. (2020). Metodologi Penelitian Pendidikan Islam. UPI Press.

Fahri, M., & Zainuri, A. (2019). Moderasi Beragama di Indonesia. Intizar, 25(2), 95–100.

Fahrudin, & Anwar, S. (2022). Lecturers Perceptions About Learning Tolerance In Islamic Religion Lectures at Indonesia University of Education. 2(1), 55–70.

Faisal, M. (2020). Manajemen Pendidikan Moderasi Beragama di Era Digital. Jurnal of International Conference on Religion, Humanity and Development, 195–202.

George, M. W. (2020). The Elements of Library Research.

Ghifari, I. F. (2017). Radikalisme di Internet. Religious: Jurnal Studi Agama-Agama dan Lintas Budaya, 1(2), 123. https://doi.org/10.15575/rjsalb.v1i2.1391

Indonesia.go.id. (2022). Agama. Laman Resmi Republik Indonesia - Portal Informasi Indonesia. https://www.indonesia.go.id/

Ilham. (2015, Juli 17). Ini Kronologi Pembakaran Masjid di Tolikara. Retrieved January 14, 2022, from Republika.co.id: https://www.republika.co.id/berita/nasional/hukum/15/07/17/nrmprs-ini-kronologis-pembakaran-masjid-di-tolikara

Jappy, O. (2022, Februari 21). Kompasiana. Retrieved April 14, 2022, from kompasiana.com: https://www.kompasiana.com/opajappy/62134c50bb44860d965d1be2/generasi-milenial-dan-z-mudah-terpapar-intoleransi-agama-dan-radikalisme

Junaedi, E. (2019). Inilah Moderasi Beragama Perspektif Kemenag. Harmoni, 18(2), 182–186. https://doi.org/10.32488/harmoni.v18i2.414

Mawarti, S. (2017). Nilai-nilai Toleransi Dalam Pembelajaran Agama Islam. 9(1).

Prasetiawati, E. (2017). Menanamkan Islam Moderat Upaya Menanggulangi Radikalisme di Indonesia. Fikri, 2. https://www.researchgate.net/publication/269107473_What_is_governance/link/548173090cf22525dcb61443/download%0Ahttp://www.econ.upf.edu/~reynal/Civil wars_12December2010.pdf%0Ahttps://think-asia.org/handle/11540/8282%0Ahttps://www.jstor.org/stable/41857625

Rahayu, W. (2019). Peserta Didik Di Smp Negeri 1 Sanan Kulon Blitar Peserta Didik Di Smp Negeri 1 Sanankulon Blitar.

Rahmawati, N., & Munadi, M. (2019). Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Pada Siswa Kelas X di SMKN 1 Sragen Tahun Ajaran 2017/2018

Sari, M. (2020). Natural Science : Jurnal Penelitian Bidang IPA dan Pendidikan IPA , ISSN : 2715-470X ( Online ), 2477 – 6181 ( Cetak ) Penelitian Kepustakaan ( Library Research ) dalam Penelitian Pendidikan IPA. 6(1), 41–53.

Subhi, A. (2016). Konsep Dasar, Komponen, dan Filosofi Kurikulum PAI. Jurnal Qathruna, 3(1), 117–134.

Sugihartati, R., Suyanto, B., Hidayat, M. A., Sirry, M., & Srimulyo, K. (2020). Habitus of Institutional Education and Development in Intolerance Aattitude among Students. Talent Development & Excellence, 12(1), 1965-1979.

Sumiyati, & Ahsan, M. (2017). Buku Guru PAI dan BP Kelas 8 (Vol. 15, Nomor 2).

Sumiyati, & Ahsan, M. (2018). Buku Guru PAI dan BP kelas 9.

Sutrisno, E. (2019). Aktualisasi Moderasi Beragama di Lembaga Pendidikan (Actualization of Religion Moderation in Education Institutions). Jurnal Bimas Islam, 12(2), 323–348.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.