Moderasi Beragama Sebagai Penguatan Karakter Pada Peseta Didik Melalui Pendidikan Agama Islam

Muh. Nasrullah H, Nidaa’an Khafiyya, Intaha Ainun Zulkhaini, Akhmad Fitriansyah Mandala Putra

Abstract


Negara Indonesia memiliki banyak sekali keanekaragaman, mulai dari budaya, suku, adat istiadat, agama dan masih banyak lagi. Banyaknya keanekaragaman negara Indoensia memunculkan berbagai macam perbedaan-perbedaan. Hal ini merupakan salah satu hal yang menyebabkan munculnya paham-paham ekstrimisme dan radikalisme. Oleh karena itu moderasi Bergama penting sekali untuk menghindarkan dari paham-paham yang akan mengakibatkan perpecahan. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan daan menganalisis upaya penerapan nilai-nilai moderasi beragama dalam penguatan karakter pada peserta didik melalui pendidikan agama Islam. Pada penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan penelitian kepustakaan (library research), Adapun untuk analisis data menggunakan content analysis.  Unsur dalam moderasi beragama yaitu adanya rasa pengakuan atas keberadaan pihak lain, sikap toleransi, tidak memaksakan kehendak dengan kekerasan. Unsur-unsur moderasi beragama tersebut sangat penting sebagai upaya penguatan karakter pada peserta didik yang di implementasikan melalui proses pembelajaran pendidikan agama Islam di sekolah, dalam praktik implementasi tidak semudah yang dibayangkan, oleh karena itu setiap komponen dalam proses pembelajaran agama Islam harus memuat pemahaman-pemahaman mengenai moderasi beragama. Harapannya peserta didik tidak hanya disuguhkan dengan teori, akan tetapi juga praktik nyata mengenai bagaimana moderasi beragama yang seharusnya diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari. 

Full Text:

PDF

References


Adu, L. (2014). Pendidikan Karakter Dalam Prespektif Islam. Jurnal Biology Science & Education, 3(1), 68–78. https://doi.org/10.51311/nuris.v5i2.111

Ainiyah, N. (2013). Pembentukan Karakter Melalui Pendidikan Agama Islam. Al-Ulum, 13(11), 25–38.

Akhmadi, A. (2019). Moderasi Beragama Dalam Keragaman Indonesia Religious Moderation in Indonesia ’ S Diversity. Jurnal Diklat Keagamaan, 13(2), 45–55.

Anwar, R. N., & Muhayati, S. (2021). Upaya Membangun Sikap Moderasi Beragama Melalui Pendidikan Agama Islam Pada Mahasiswa Perguruan Tinggi Umum. Al-Tadzkiyyah:Jurnal Pendidikan Islam, 12(1), 1–15.

Asfiati, & Pulungan, I. (2019). Redesign Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Menuju Revolusi Industri 4.0 (Edisi ke-1). Prenadamedia Group.

Derstriani. (2022). Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Moderasi Beragama Menuju Society Era 5.0. Incare,International Jurnal of Educational Resouaces, 02(06), 647–664.

Destriani, Rasmini, Amriyadi, & Jeniati, H. (2022). Upaya Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Menekankan Pemahaman Literasi Keagamaan. Jurnal Ilmiah Citrabakti, 9(1), 1–12.

Fahri, M., & Zainuri, A. (2022). Religious Moderation in Indonesian Muslims. Intizar, 13(5), 95–100. https://doi.org/10.3390/rel13050451

Habibie, M. L. H., Al Kautsar, M. S., Wachidah, N. R., & Sugeng, A. (2021). Moderasi Beragama Dalam Pendidikan Islam Di Indonesia. MODERATIO: Jurnal Moderasi Beragama, 1(1), 121–150.

Hasan, M. (2021a). Prinsip Moderasi Beragama dalam Kehidupan Berbangsa. Jurnal Mubtadiin, 7(02), 110–123.

Hasan, M. (2021b). Prinsip Moderasi Beragama Dalam Kehidupan Berbangsa. Jurnal Mubtadiin, 7(2), 111–123. https://journal.an-nur.ac.id/index.php/mubtadii

Hatim, M. (2018). Kurikulum Pendidikan Agama Islam di Sekolah Umum. Jurnal El-Hikmah, 12(2), 140–163.

Jalil, A. (2016). Karakter Pendidikan untuk Membentuk Pendidikan Karakter. Nadwa: Jurnal Pendidikan Islam, 6(2), 175–194. https://doi.org/10.21580/nw.2012.6.2.586

Khalil Nurul Islam. (2020). Moderasi Beragama di Tengah Pluralitas Bangsa: Tinjauan Revolusi Mental Perspektif Al-Qur’an. KURIOSITAS: Media Komunikasi Sosial Dan Keagamaan, 13(1), 38–59. https://doi.org/10.35905/kur.v13i1.1379

Muhtarom, A., Fuad, S., & Latief, T. (2020). Moderasi Beragama Konsep, Nilai, dan Strategi Pengembangannya di Pesantren. Yayasan Talibuana Nusantara.

Nurhidin, E. (2021). Strategi Implementasi Moderasi Beragama M. Quraish Shihab dalam Pengembangan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Kuttab: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, 5(2), 115–129. https://doi.org/https://doi.org/10.30736/ktb.v5i2.686

PAI, T. D. (2016). Bunga Rampai Penelitian dalam Pendidikan Agama Islam (Edisi 1). Deepublish.

Ramdhani, M. A. (2014). Lingkungan Pendidikan dalam Implementasi Pendidikan Karakter. Jurnal Pendidikan Universitas Garut, 08(01), 28–37. https://doi.org/10.1177/002218568402600108

Rofatayatun, & Afifurrahman. (2019). Organisasi dan Struktur Kurikulum Pendidikan Islam. Jurnal Ta’limuna, 9(03), 24–36.

Sholeh Hutomo, G., & Hamami, T. (2020). Organisasi dan Desain Pengembangan Kurikulum PAI. At-Tafkir, 13(2), 143–152. https://doi.org/10.32505/at.v13i2.1624

Sholikah, S. (2017). Desain Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam. Kuttab, 1(2), 168–179. https://doi.org/10.30736/kuttab.v1i2.110

Subhi, T. A. (2016). Konsep Dasar, Komponen dan Filosofi Kurikulum PAI. Jurnal Qathruna, 3(1), 117–134.

Sudrajat, A. (2011). Mengapa Pendidikan Karakter. Jurnal Pendidikan Karakter, 1(1), 47–58. https://doi.org/10.1111/2048-416x.2017.12004.x

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan : Penedekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D (23rd ed.). ALFABETA.

Suprapto. (2020). Integrasi Moderasi Beragama Dalam Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam. EDUKASI: Jurnal Penelitian Pendidikan Agama Dan Keagamaan, 18(3), 355–368.

Sutrisno, E. (2019). Aktualisasi Moderasi Beragama di Lembaga Pendidikan. Jurnal Bimas Islam, 12(2), 323–348. https://doi.org/10.37302/jbi.v12i2.113

Widodo, P., & Karnawati. (2019). Moderasi Agama dan Pemahaman Radikalisme di Indonesia. 15(5), 9–14.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.