Penerapan Pembelajaran Problem Based Learning dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika SDN Plakpak 4 Pamekasan

Aulia Rizqi Utami, Muliatul Maghfiroh

Abstract


Penelitian ini dilatar belakangi oleh  hasil belajar matematika yang rendah  pada siswa kelas III SDN Plakpak 4. Masalah yang diteliti apakah dengan menerapkan Model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika di kelas 3 SDN Plakpak 4, maka peneliti dalam penelitian ini fokus pada 3 permasalahan, yaitu: Pertama, Apa saja yang harus disiapkan guru ketika akan memulai pembelajaran dengan Kedua Bagaimana Penerapan Pembelajaran Problem Based Learning di SDN Plakpak 4 Pamekasan. Ketiga Bagaimana hasil belajar siswa setelah diterapkannya model Pembelajaran Problem Based Learning di kelas III SDN Plakpak 4. Metode yang digunakan adalah kualitatif dengan jenis penelitian Deskriptif. Sumber data adalah guru, kepala sekolah, guru Pendamping serta siswa kelas III SDN Plakpak 4 pamekasan. Data yang diperoleh yaitu dengan menggunakan 3 tahapan yakni Observasi, Wawancara secara Terpimpin, dan Dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama hal yang perlu dipersiapkan guru ketika memulai pembelajaran Problem Based Learning adalah RPP, Buku guru, Buku Siswa, Media pembelajaran, Serta soal latihan. Kedua terdapat 5 sintaks Problem Based Learningyakni:a) Guru bercerita tentang pecahan dan memberikan contoh dengan sebuah kue yang dipotong menjadi 2 bagian . b)guru menjelaskan konsep pecahan. c) Guru membagi kelompok ,masing- masing kelompok membawa satu kardus d)siswa diberikan kesempatan untuk mempersentasikan hasil jawaban. e) guru mengevaluasi hasil jawaban tiap kelompok . Ketiga adanya peningkatan hasil belajar pada siswa kelas III pelajaran Matematika, nilai rata- rata yang diperoleh siswa 68% dan sesudah menggunakan model Problem Based learning hasil belajar siswa naik menjadi 79% yang menunjukkan hasil belajar siswa naik sebanyak 11% dengan rincian dari 13 siswa 12 siswa sudah mencapai KKM sedangkan 1 siswa belum mencapai KKM.

Full Text:

PDF

References


Aflahah, Dkk. (2020). Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Berbasis IT Menggunakan Software Camtasia Untuk Guru Alumni Prodi PGMI Fakultas Tarbiyah ( Perdikan: Journal Of Community Engagement, Vol.2, No.2,2020), 55. http://ejournal.iainmadura.ac.id/index.php/perdikan/article/view/4010/pdf

Andayani Dkk,(2014) Pemantapan Kemampuan Mengajar. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka.

Djalil ,Aria (2014). Pembelajaran Kelas Rangkap ( Tangerang Selatan: Universitas Terbuka, 2014), 4.35.

Hamalik, Oemar (2008). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Hasil Observasi peneliti Tanggal 10 Januari 2021

Karso, dkk, ( 2014). Pendidikan Matematika 1 .Tangerang selatan: Universitas Terbuka.

Nurdeni dan Kartika, Peningkatan Hasil Belajar Matematika Dalam Menyelesaikan Soal Bilangan Perkalian dan Pembagian Kelas 2 SD (Jurnal Formatif 1(3)),https://www.google.com/search?q=jurnal+hasil+belajar+matematika+materi+pembagian+dan+perkalian&oq=jurnal+hasil+belajar+matematika+materi+pembagian+dan+perkalian&aqs=chrome..69i57.34471j1j9&sourceid=chrome&ie=UTF-8

Rusman,(2017) Belajar dan Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Salim & Haidir (2019). Penelitian Pendidikan metode, Pendekatan dan Jenis .Kencana: Jakarta.

Sri Hayati, (2019). Belajar& Pembelajaran Berbasis Cooperative Learning . Magelang: Graha Cendekia.

Suprihatiningrum, Jamil (2013) Strategi Pembelajaran Teori dan Aplikasi. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Suryanto, Adi. (2010). Adi Evaluasi Pembelajaran di SD. Jakarta: Universitas Terbuka.

Tri Wahyuningtyas, Dyah dan Iskandar Ladamay (2016). “Meningkatkan Pemahaman Konsep Perkalian Dan Pembagian Bilangan Bulat Menggunakan Media Wayang Matika”, (Jurnal Pancaran, Vol. 5, No.3, Agustus. https://jurnal.unej.ac.id/index.php/pancaran/article/download/4051/3164/

Yuniar Saputri, Dini( 2019). “Peningkatan Hasil Belajar Matematika Operasi Hitung Perkalian dan Pembagian Menggunakan Media Kartu Bilangan Pada Siswa Kelas III Sekolah Dasar Negeri 2 Janturan Tahun pelajaran 2018/2019” (DIKDASTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Ke-SD-an, Vol. 5, No. 1, April 2019IKIP PGRI Wates, http://jurnal.ipw.ac.id/journal/jurnal-mahasiswa/article/57/peningkatan-hasil-belajar-matematika-materi--operasi-hitung-perkalian-dan-pembagian--menggunakan-media-kartu-bilangan-pada-siswa-kelas-iii-sekolah-dasar-negeri-2-janturan--tahun--pelajaran-2018-2019.html


Refbacks

  • There are currently no refbacks.