Pengarusutamaan Moderasi Beragama dalam Pengembangan Kurikulum PAI Berbasis Paradigma Ilmu Islam Terapan di IAIN Kudus

Sanusi Sanusi, Ahmad Fatah

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk mengkaji dan merespon dinamika problem sosial-keagamaan sekaligus merespon program pemerintah khususnya kementerian agama melalui ide pengarusutamaan moderasi beragama melalui jalur pendidikan tinggi Islam. IAIN Kudus sebagai salah satu penyelenggara pendidikan tinggi Islam memiliki komitmen yang sama dengan mengambil bagian dan langkah strategis dalam upaya mewujudkan visi Kementerian Agama. Untuk mengkaji masalah tersebut, penulis menggunakan metode pengumpulan data yaitu wawancara, observasi, dokumentasi dan FGD. Temuan penelitian ini adalah: pertama, secara konseptual, ruh nilai-nilai moderasi Islam tersirat dalam bingkai paradigma ilmu Islam terapan sebagai visi IAIN Kudus yang selanjutnya diadopsi ke dalam visi fakultas dan prodi PAI; Kedua, dalam implementasinya nilai-nilai moderasi Islam dan paradigma ilmu Islam terapan diwujudkan dalam berbagai bentuk, baik dalam kebijakan, dan oreintasi program kerja dan kegiatan; Ketiga, dalam konteks pengembangan kurikulum PAI berbasis moderasi beragama dan paradigma ilmu Islam terapan masih berhenti pada tataran konsep desain kurikulum Prodi PAI, belum menyentuh pada hal-hal yang sifatnya lebih rinci sebagai acuan teknis pembelajaran dalam bentuk Rencana Pembelajaran Semester (RPS). Kontribusi kajian ini untuk memberikan nilai dasar moderasi beragama dalam penyusunan dan implementasi kurikulum PAI berbasis Islam Terapan.

Full Text:

PDF

References


Arif, Armai, Pengantar Ilmu dan Metodologi Pendidikan Islam, (Jakarta: Ciputat Press, 2002)

al-Salabi, Ali Muhammad Muhammad al-Wasathiyyah fi al-Qur’an al-Karim (Kairo: Maktabah at-Tabi’în, 2001)

Bondi, Jon Wiles and Joseph, Curriculum Development a Guide to Practice, (New York: McMillan Publishing Company, 1993)

Dakir, pengantar dalam “Perencanaan dan Pengembangan Kurikulum,” (Jakarta: Rineka Cipta, 1994)

Darsono, Max Belajar dan Pembelajaran, (Semarang: IKIP Semarang Press, 2000)

Futaqi, Sauqi, Konstruksi Moderasi Islam (Wasathiyyah) dalam Kurikulum Pendidikan Agama Islam, Second Proceeding Annual Conference for Muslim scholars, (UIN Sunan Ampel Surabaya, 2018)

Hamalik, Oemar, Administrasi dan Supervisi Pengembangan Kurikulum, (Bandung: Mandar Maju, 1992)

Hamalik, Oemar, Dasar-Dasar Pengembangan Kurikulum, (Bandung: PT. Remaja Rosda Karya, 2008)

Hilmy, Masdar “Whither Indonesia’s Islamic Moderatism? A Reexamination on the Moderate Vision of Idi, Abdullah Pengembangan Kurikulum Teori dan Praktek, (Jakarta: Gaya Media, 1999)

Muhammadiyah and NU”, dalam Journal of Indonesian Islam, Vol. 07, Number 01, June (Surabaya: the Institute for the Study of Religion and Society (LSAS) and the Postgraduate Program (PPs), IAIN Sunan Ampel, 2013)

Kadir, Muslim A. Ilmu Islam Terapan, (Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2002)

Kadir, Muslim A. Dasar-dasar Praktikum Keberagamaan dalam Islam, (Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2011)

Kemenag RI, “Peraturan Menter! Agama Republik Indonesia Nomor 18 Tahun 2020 Tentang Rencana Strategis Kementerian Agama Tahun 2020-2024,” No. 3 (2020).

Kamali, Mohammad Hashim, The Middle Path of Moderation in Islam: the Qur’ānic Principle of Wasaṭhiyyah (New York: Oxford University Press, 2015).

Nurgiantoro, Burhan Dasar-dasar Pengembangan Kurikulum Sekolah, (Yogyakarta: BPFE, 1985)

Mulyasa, E. Kurikulum Berbasis Kompetensi, Karakteristik, dan Implementasi, (Bandung: Remaja Rosdakarya, 2006)

Sutrisno, Edy “Aktualisasi Moderasi Beragama Di Lembaga Pendidikan,” Jurnal Bimas Islam 12, no. 1 (2019)

Qardhawi, Yusuf, Al-Kalimat fi al-Wasathiyah al-Islamiyah wa Ma’alimaha (Cairo: Dar al-Shuruq, 2011)

Dokumen Kurikulum Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah IAIN kudus Tahun 2018

Dokumen PMA Nomor 18 Tahun 2020 tentang Renstra (Rencana Strategis) Kementerian Agama Tahun 2020-2024

Dokumen Renstra IAIN Kudus 2020-2024

Website Kementerian Agama RI (kemenag.go.id) diakses pada 15 Februari 2021

http://www.pendis.kemenag.go.id/index.php?a=detilberita&id=11368#.YDRgFegzbIU diakses 23 Februari 2021


Refbacks

  • There are currently no refbacks.