Moderasi Beragama pada Kurikulum Pendidikan Agama Islam di Sekolah Dasar (Madrasah)

Ridho Riyanto

Abstract


Sebuah praktik baik ekstrem kanan (radikal) ataupun ekstrem kiri (liberal) sebagai salah satu pentuk paham-paham yang terlalu menguasai diri seseorang tidak membenarkan akan paham orang lain, sehingga sering terjadilah kekerasan, hoax, isu SARA yang saling melemahkan paham orang lain. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis dan mendeskripsikan bagaimana implemantasi moderasi beragama di kurikulum jenjang pendidikan sekolah dasar atau madrasah. Jenis penelitian yang digunakan yaitu menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan metode studi pustaka (library research). Dinama dimulai dari proses pengumpulan data mulai dari jurnal, buku, dll, menganalisis serta mendeskripsikan sebagai kesimpulan. Hasil penelitian adalah bahwa moderasi beragama yang dilaksanakan di lembaga pendidikan sangat efektif dimana lembaga pendidikan sebagai tempat yang mudah memberikan edukasi moderasi beragama bagi setiap peserta didik. Pendidikan agama Islam juga harus mampu memberikan pembelajaran yang sangat efektif dalam memberikan materi ajaran agama Islam dan menyesuaikan dengan kehidupan nyata, yang mana PAI secara dasar sudah memberi edukasi tentang moderasi. Peran pemerintah dan lembaga pendidikan untuk melakukan sebuah pengembangan kurikulum bermuatan moderasi beragama perlu dilakukan untuk memberikan jalan tengah atau solusi untuk meminimalisir adanya praktik kekerasan, ketidakadilan, dsb baik di lingkungan sekolah ataupun di masyarakat sosial.

Full Text:

PDF

References


Abidin, A. Z. (2021). Nilai-Nilai Moderasi Beragama Dalam Permendikbud No. 37 Tahun 2018. JIRA: Jurnal Inovasi Dan Riset Akademik, 2(5), 729–736. https://doi.org/10.47387/jira.v2i5.135

Abror Mhd. (2020). Moderasi Beragama dalam Bingkai Toleransi ( Kajian Islam dan Keberagaman ). Rusydiah, 1(1), 137–148.

Afryansyah, Wahyuni, R. S., Rukiyah, S., & Wadiah, D. (2022). Pendekatan Konstruktivisme Guru Dalam Penguatan Moderasi Beragama. 7(1).

Alim, M. S., & Munib, A. (2019). Aktualisasi Pendidikan Moderasi Beragama Di Madrasah. Jurnal Pendidikan Agama Islam Universitas Wahid Hasyim, 7(2), 184–198.

Amala, N., Reswari, A., & Iftitah, S. L. (2022). Penguatan Moderasi Neragama Pada Anak Usia Dini Sebagai Upaya Pencegahan Radikalisme di Masa Pandemi Covid-19. 73, 712–721.

AR, S. (2020). Peran Guru Agama Dalam Menanamkan Moderasi Beragama. Al-Irfan : Journal of Arabic Literature and Islamic Studies, 3(1), 37–51. https://doi.org/10.36835/al-irfan.v3i1.3715

Aziz, A. A., Hidayatullah, A. S., Budiyanti, N., & Ruswandi, U. (2020). Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di Sekolah Dasar. Taklim: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 18(2), 112. https://doi.org/10.47498/tadib.v12i02.365

Chadidjah, S. dkk. (2021). Implementasi Nilai-Nilai Moderasi Beragama dalam Pembelajaran PAI(Tinjauan Analisis Pada Pendidikan Dasar,Menengah Dan Tinggi). Al-Hasanah: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 6(1), 115.

Faisol, M. A. (2018). MODEL PEMBELAJARAN PAI DI SD ALAM AR-RIDHO TEMBALANG SEMARANG.

Faruq, U. Al, & Noviani, D. (2016). Pendidikan Moderasi Beragama Sebagai Perasai Radikalisme di Lembaga Pendidikan. Jurnal Pendidikan Islam, 14(01), 78–90.

Hasanah, Uswatun, M. (2021). Moderasi Beragama, Pendidikan Dan Dakwah Keagamaan Di Masa Covid-19 & New Normal. Ngarsa: Journal of Dedication Based on Local Wisdom, 1(2), 59–68.

Hasyim Achmad, G. (2021). Kedudukan Kurikulum Dalam Pendidikan Agama Islam. Jurnal Pendidikan Dan Sosial Budaya, 1 Nomor 3, 246–241.

Kartono, K. (1989). Pengantar Metodologi Research. ALUMNI.

KBBI. (2021). Pengertian Kurikulum. https://kbbi.web.id/kurikulum

Kusainun, N. (2020). Peran Pendidikan Dasar Islam dalam Mencegah Radikalisme. Abdau: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 3(2), 113–124. https://doi.org/10.36768/abdau.v3i2.98

Lubis, D., & Siregar, H. S. (2020). APLIKASIA: Jurnal Aplikasi Ilmu-ilmu Agama Bahaya Radikalisme terhadap Moralitas Remaja melalui Teknologi Informasi (Media Sosial). 20, 21–34.

Munir, A., Nasution, A., Siregar, A. A., Julia, A., Karni, A., Hadisanjaya, Herawati, ZP, I. K., Kurniawan, Halim, M., Ajib, M., Zuhri, S., Haryanto, T., Partiana, Y., & Na’imah, Z. (2022). Literasi Moderasi Beragama di Indonesia. In Proceedings of Annual Conference for Muslim Scholars (Vol. 6, Issue 1). https://doi.org/10.36835/ancoms.v6i1.453

Murtadlo, M. (2021). Pendidikan Moderasi Beragama Membangun Harmoni, Memajukan Negeri (Issue November).

Nashohah, I. (2021). Internalisasi Nilai Moderasi Beragama melalui Pendidikan Penguatan Karakter dalam Masyarakat Heterogen. Prosiding Nasional, 4(November), 127–146. http://prosiding.iainkediri.ac.id/index.php/pascasarjana/article/view/68

Niamullah, M., & Jamil, S. N. (2021). EKOLOGI MEDIA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA. 03(02), 173–195.

Rifqi, M. (2021). Internalisasi Moderasi Beragama dalam Standar Kompetensi Kemandirian Peserta Didik. Jurnal Ilimiah Al-Muttaqin, Vo.6(1), 95–102. http://journal.iaisambas.ac.id/index.php/Al-Muttaqin/article/view/411

Rofik, M. N., & Misbah, M. (2021). Implementasi Program Moderasi Beragama yang Dicanangkan oleh Kementerian Agama Kabupaten Banyumas di Lingkungan Sekolah. 12(5), 12–20.

Suprapto. (2020). Integrasi Moderasi Beragama Dalam Pegembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam Integration of Religious Moderation in the Development of. EDUKASI: Jurnal Penelitian Pendidikan Agama Dan Keagamaan, 18(3), 355–368.

Sutrisno, E. (2019). Aktualisasi Moderasi Beragama di Lembaga Pendidikan. Jurnal Bimas Islam, 12(2), 323–348. https://doi.org/10.37302/jbi.v12i2.113

Tarihoran, N. (2017). Pengembangan kurikulum.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.