Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Android Mata Pelajaran IPA SMP/MTs Kelas 7 Pada Materi Fisika Suhu dan Kalor

Achmad Ali Fikri, Syamsul Arifin, M. Fuad Fahruddin

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran interaktif berbasis android untuk mata pelajaran IPA SMP/MTs kelas 7 pada materi fisika suhu dan kalor. Metode penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan menggunakan model pengembangan Rowntree, yang meliputi tiga tahap, yaitu: (1) tahap perencanaan; (2) tahap pengembangan; (3) tahap evaluasi yang disesuaikan dengan model evaluasi formatif Tessmer, meliputi lima tahap, yaitu: (1) evaluasi diri; (2) Tinjauan ahli; (3) Evaluasi satu lawan satu; (4) Kelompok kecil (5) Evaluasi lapangan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah formulir verifikasi ahli dan angket respon siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa validasi media dan materi sangat baik dengan persentase 97,02%, evaluasi one-to-one mendapatkan hasil yang sangat baik yaitu mencapai 90,81%. Babak penyisihan grup mencapai hasil yang sangat baik, mencapai skor 90,10%, dan tahap uji lapangan mencapai hasil yang sangat baik, mencapai skor sangat baik 88,87%. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa media pembelajaran interaktif berbasis android untuk mata pelajaran IPA SMP/MTs kelas 7 materi fisika suhu dan kalor yang telah dikembangkan sangat valid.

Full Text:

PDF

References


Aprizal, H. (n.d.). Rancang Bangun E-Library Berbasis Android pada SMA Tutwuri Handayani Makassar. Rancang Bangun E-Library Berbasis Android Pada SMA Tutwuri Handayani Makassar, i.

Astuti, I. A. D., Sumarni, R. A., & Saraswati, D. L. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Mobile Learning berbasis Android. Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan Fisika, 3(1), 57. https://doi.org/10.21009/1.03108

Athoillah, M. A., & Wulan, E. R. (2019). Transformasi Model Pendidikan Pondok Pesantren di Era Revolusi Industri 4.0. Prosiding Nasional, 2(November), 25–36. http://prosiding.iainkediri.ac.id/index.php/pascasarjana/article/view/14/13)

Azis, T. N. (2019). Strategi Pembelajaran Era Digital. Annual Conference on Islamic Education and Social Sains (ACIEDSS 2019), 1(2), 308–318.

Cholifah, W. N., Yulianingsih, Y., & Sagita, S. M. (2018). Pengujian Black Box Testing pada Aplikasi Action & Strategy Berbasis Android dengan Teknologi Phonegap. STRING (Satuan Tulisan Riset Dan Inovasi Teknologi), 3(2), 206. https://doi.org/10.30998/string.v3i2.3048

Gagese, N., Wahyono, U., & Kendek, Y. (2018). Pengembangan Mobile Learning Berbasis Android pada Materi Listrik Dinamis. JPFT (Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako Online), 6(1), 44. https://doi.org/10.22487/j25805924.2018.v6.i1.10018

Handhika, J. (2012). Efektivitas media pembelajaran im3 ditinjau dari motivasi belajar. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 1(2), 109–114. https://doi.org/10.15294/jpii.v1i2.2127

Ibrahim, N., & Ishartiwi, I. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Mobile Learning Berbasis Android Mata Pelajaran Ipa Untuk Siswa Smp. Refleksi Edukatika : Jurnal Ilmiah Kependidikan, 8(1). https://doi.org/10.24176/re.v8i1.1792

Kesuma, G. C. (2017). Refleksi Model Pendidikan Pesantren dan Tantangannya Masa Kini. Tadris: Jurnal Keguruan Dan Ilmu Tarbiyah, 2(1), 67. https://doi.org/10.24042/tadris.v2i1.1740

Muhammad Anggi Prasetya, S. dan K. W. (2017). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Android Pada Mata Pelajaran Fisika Pokok. Jurnal Inovasi Dan Pembelajaran Fisika, 4(2), 163–169.

Solikin, I., Informatika, J. M., Vokasi, F., & Palembang, U. B. (2018). Implementasi Penggunaan Smartphone Android untuk Control PC (Personal Computer). 03(02), 249–252.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, R&D). Alfabeta.

Wicaksono, B. K., Setiyawan, H., & Setyadji, T. (2022). Perancangan Sistem Informasi Bansos Tracer Berbasis Web Dan Aplikasi Berbasis Android. 1, 279–286.

Winaldi, I., & Setyawan, A. (2018). Aplikasi Pengenalan Bahasa Isyarat Untuk Penyandang Tuna Tungu Berbasis Android (Studi Kasus : SLB Madina Serang). JSiI (Jurnal Sistem Informasi), 5(2), 70–73. https://doi.org/10.30656/jsii.v5i2.779

Yektyastuti, R., & Ikhsan, J. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android pada Materi Kelarutan untuk Meningkatkan Performa Akademik Peserta Didik SMA Developing Android-Based Instructional Media of Solubility to Improve Academic Performance of High School Students. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 2(1), 88–99.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.