Analisis Kesiapan Guru dalam Pelaksanaan Kurikulum Merdeka di TK ABA V Gondangmanis Kudus

Rukhaini Fitri Rahmawati

Abstract


Artikel ini membahas tentang kesiapan guru PAUD dalam pelaksanaan kurikulum merdeka. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kesiapan guru dalam implementasi kurikulum merdeka di PAUD di TK ABA V Gondangmanis Kudus. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Berdasarkan proses pengumpulan data dan analisis diketahui dari  enam indikator yang diajukan untuk mengetahui kesiapan para guru, empat indikator menunjukkan tingkat kesiapan dan pemahaman yang baik. Empat indikator tersebut yakni pemahaman karakteristik dan struktur kurikulum, kesiapan rencana pembelajaran, kesiapan proses pembelajaran, dan kesiapan sarana prasarana. Sedangkan dua indikator lainnya menunjukkan tingkat pemahaman dan kesiapan yang cukup. Dua indikator tersebut yakni kesiapan modul/bahan ajar dan kesiapan penilaian pembelajaran

Full Text:

PDF

References


Anggraini, E. S., & Batubara, L. (2021). Evaluasi Pemenuhan Standar Minimal Sarana Dan Prasarana Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Usia Dini, 7(1), 20. https://doi.org/10.24114/jud.v7i1.25785

Awalia Marwah, S., & Fajriatur, R. (2022). Guru dan Tantangan Kurikulum Baru: Analisis Peran Guru dalam Kebijakan Kurikulum Baru. JURNAL BASICEDU, 6(4), 5936–5945. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3172

Diputera, A. M., Damanik, S. H., & Wahyuni, V. (2022). Evaluasi Kebijakan Pendidikan Karakter Profil Pelajar Pancasila dalam Kurikulum Prototipe untuk Pendidikan Anak Usia Dini. Bungai Rampai Usia Emas, 8(1), 1–12.

Ifadah, A. S., & Fatmawati, F. A. (2022). Peningkatan Pengetahuan Merdeka Belajar Anak Usia Dini Bagi Guru Di Masa Pembelajaran Tatap Muka Terbatas. 9.

Kemendikbud. (n.d.). Tanya Jawab Kurikukum Merdeka.

Kemendikbud. (2014). Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 137 Tahun 2014 Tentang Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini.

Kemendikbutristek. (2022a). Keputusan Kepala Badan Standar, Kurikulum, Dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi Nomor 044/H/Kr/2022 Tentang Satuan Pendidikan Pelaksana Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Tahun Ajaran 2022/2023. Badan Standar, Kurikulum, Dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi.

Kemendikbutristek. (2022b). Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi Republik Indonesia Nomor 21 Tahun 2022 Tentang Standar Penilaian Pendidikan Pada Pendidikan Anak Usia Dini, Jenjang Pendidikan Dasar, Dan Jenjang Pendidikan Menengah. Bada Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi.

Magdalena, I., Sundari, T., Nurkamilah, S., Nasrullah, & Amalia, D. A. (n.d.). Magdalena, I., Sundari, T., Nurkamilah, S., Nasrullah, N., & Amalia, D. A. (2020). Analisis Bahan Ajar. NUSANTARA, 2(2), 311-326. 2(2), 311–326. https://doi.org/10.36088/nusantara.v2i2.828

Munawar, M. (2022). Penguatan Komite Pembelajaran dalam Implementasi Kurikulum Merdeka pada Pendidikan Anak Usia Dini. Tinta Emas: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(1), 65–72. https://doi.org/10.35878/tintaemas.v1i1.390

Rachman, E. (2022). Indonesia in Learning Crisis: Education Minister. Tempo.Co. https://en.tempo.co/read/1559792/indonesia-in-learning-crisis-education-minister

Sugiri, W. A., & Priatmoko, S. (2020). Persprektif Asesmen Autentik Sebagai Alat Evaluasi Dalam Merdeka Belajar. At-Thullab: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 4(1), 53. https://doi.org/10.30736/atl.v4i1.119

Sugiyono, S. (2019). Metode Penelitian Kualitatif, Kuantotatif, dan R&D. Alfabeta.

Sukmadinata, N. S., & Muchlish. (2022). Pengembangan Kurikulum: Teori dan Praktik. PT. Remaja Rosdakarya.

Titania Widya, P. (2020). Prosiding Seminar Nasional Penalaran Dan Penelitian Nusantara. https://proceeding.unpkediri.ac.id/index.php/ppn

Wote, A. Y. V., & Sabarua, J. O. (2020). Jurnal Ilmu Sosial dan Humaniora. 1, 12.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.